Pantai Watu Ulo Jember


Sejarah Watu Ulo (ular batu) di Bibir Pantai Kabupaten Jember.

   

   Dahulu kala di pantai Watu Ulo di desa Sumber rejo, kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember pada saat sebelum ada watu ulo (Batu Ular) ada penguasa ular Naga raksasa yang bernama Nogo Rojo yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Raja Naga. Pada suatu ketika Raja Naga bertarung dengan penduduk setempat karena perebutan wilayah, dan akhirnya dapat dikalahkan dan tubuhnya dibelah menjadi tiga bagian yakni kepala, badan dan ekor di:

1. Kepala Naga: terletak di Kabupaten Banyuwangi;

2. Bagian Badan: terletak di pantai watu ulo;

3. Bagian Ekor: terletak di pantai watu ulo;

   Konon dalam cerita sejarah yang berbeda sumber, sosok Nogo Rojo adalah utusan Ajisaka yang bertapa hingga saat ini dengan tubuh yang sudah tidak lengkap. Batu bersisik yang mirip dengan sisik ular inilah yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagian potongan tubuh Nogo Rojo yang telah terbelah menjadi tiga bagian.

   Demikian informasi yang sebatas dapat saya sampaikan, semoga di waktu yang akan datang pantai Watu ulo mendapat perhatian khususnya dari Pemerintah Kabupaten Jember guna dapat menjadi andalan datangnya magnet destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. disamping selain menjadi salah satu ikon wisata pantai di kabupaten Jember, juga menjadi salah satu penopang UMKM ekonomi masyarakat di sekitar pantai Watu Ulo.

 

Sebagian potongan tubuh Watu Ulo.

 

Potongan tubuh Watu Ulo dari sisi kiri belakang.


 

Bagian ekor belakang Watu Ulo.


 

Bagian tubuh sisi samping kiri belakang.


Bagian atas sebagian tubuh Watu Ulo.